Apa Itu Briefing, Pengertian, Arti Briefing Dan 2 Contohnya TERBARU

Apa Itu Briefing, Pengertian, Arti Briefing Dan Contohnya
Apa Itu Briefing, Pengertian, Arti Briefing Dan Contohnya

Apa Itu Briefing, Pengertian, Arti Briefing Dan Contohnya – Dalam dunia kerja briefing merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dengan briefing kita akan dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan mudah dan tersusun rapi.

Mungkin istilah briefing bagi kamu sudah sangat familier sekali. Tidak pelak istilah ini memang kerap kali digunakan sebelum melakukan kegiatan tertentu. Tentunya dalam hal ini banyak orang yang berhubungan didalamnya.

Walaupun istilah briefing ini sudah sangat eksis dikalangan masyarakat, akan tetapi masih banyak masyarakat kita yang belum memahami hal tersebut. Sehingga dengan ketidak fahaman akan hal tersebut kerap sekali terjadi kesalah pahaman.

Maka dari itu website sobattechno akan membahas mengenai apa itu briefing, arti briefing serta penjelasan mendalam yang sangat berhubungan dengan istilah tersebut.

Apa Itu Briefing, Apa Maksudnya?

“Pengertian atau Penafsiran briefing merupakan suatu pengarahan yang diberikan kepada karyawan, anggota sesuatu kelompok, maupun perkumpulan warga yang hendak mengadakan aktivitas tertentu.” Briefing ini sebetulnya berasal dari bahasa Inggris short yang memiliki arti ringkasan ataupun membagikan uraian.

Oleh karena itu, pada intinya aktivitas briefing di mari merupakan buat membagikan uraian terhadap orang lain terpaut dengan tugas mereka ataupun hal- hal yang wajib dicoba cocok dengan rencana aktivitas ataupun rencana kerja.

Di samping itu, umumnya briefing pula diadakan buat mensosialisasikan aktivitas, ketentuan, serta kebijakan- kebijakan yang sifatnya masih baru serta belum dikenal oleh anggota sesuatu kelompok.

Dengan begitu, briefing sangat butuh diadakan supaya para anggota tersebut mengerti dengan baik terhadap kebijakan baru yang sudah diresmikan sehingga seluruh apa yang hendak dikerjakan sudah cocok dengan ketentuan yang sepatutnya.

Aktivitas briefing ini memanglah sepanjang ini masih banyak yang menyepelehkan sebab mayoritas orang masih menyangka kalau briefing merupakan perihal yang sangat sepele serta tidak hendak membagikan akibat yang besar kala tidak mengikutinya.

Sementara itu, Bila tidak mengikui briefing, anggota ataupun warga tidak hendak paham terhadap seluruh information yang di informasikan sehingga mereka hendak sangat rawan melaksanakan kesalahan kala telah terjun di lapangan.

5 Manfaat Dalam Melakukan Briefing

Terdapatnya aktivitas briefing pasti saja bukan tanpa tujuan. Aktivitas ini mempunyai tujuan tertentu serta hendak memperkenalkan banyak khasiat untuk yang melaksanakannya. Oleh sebab itu, mengadakan briefing sangatlah dianjurkan terlebih kala suatu aktivitas hendak mengaitkan banyak orang dengan pemahan yang berbeda- beda di situ.

Dalam perihal ini, briefing bertujuan buat membagikan cerminan secara menyeluruh tentang sesuatu perihal yang hendak dilaksanakan supaya seluruh anggota mengerti dengan apa yang wajib mereka jalani. Lalu, apa saja khasiat dari diadakannya briefing?

1. Menyatukan Tujuan Bersama

Briefing tidak cuma mengantarkan information dari seseorang pemimpin kepada para anggotanya saja. Lebih dari itu, briefing pula berarti membandingkan anggapan antara satu anggota dengan yang yang lain supaya seluruh apa yang dicoba seragam sehingga bisa menggapai tujuan bersama dikerjakannya sesuatu aktivitas. Perihal ini sangat berarti sebab bila dalam satu kelompok anggota mempunyai anggapan yang berbeda, itu hendak memunculkan perpecahan di golongan internal.

Dalam proses briefing nantinya, hendak diadakan diskusi terbuka yang mana anggota boleh mengajukan komentar serta perihal itu hendak didiskusikan bersama sampai menggapai tujuan yang satu, sama, serta seragam. Bila telah begini, tiap anggota telah paham apa yang wajib dicoba serta mereka juga siap diterjunkan di lapangan.

2. Tingkatkan Komunikasi

Tidak hanya menyatukan tujuan bersama, briefing pula mempunyai khasiat buat tingkatkan komunikasi antar masing- masing anggota. Bayangkan saja, bila di luaran situ anggota tidak sering berbicara sebab banyak aktivitas tiap- tiap, dengan diadakannya briefing mereka bisa berjumpa dalam satu tempat yang sama serta pastinya dapat melaksanakan komunikasi secara intens.

Dalam aktivitas briefing, anggota boleh bertanya, membagikan komentar, serta pula membagikan anjuran terhadap aktivitas yang hendak dicoba. Perihal ini membuat tiap anggota dapat berbicara dengan anggota yang yang lain buat menggali komentar mereka tiap- tiap supaya tujuan bersama dapat terbentuk dengan baik.

Baca Pula: Apa Itu Selayang Pandang

3. Membangun Benak Positif

Tiap kepala pasti saja memiliki benak yang berbeda- beda. Terdapat yang beranggapan negatif serta masih terdapat pula yang berfikiran positif. Dalam suatu kelompok benak negatif ini sangat beresiko sebab dapat memecah belah persatuan serta kesatuan. Oleh sebab itu, dalam rangka membangun benak positif tiap anggota, mengadakan briefing sangatlah dianjurkan.

Dalam memahami apa itu briefing seluruh kesalahapaham dapat diluruskan serta seluruh perihal yang belum jelas hendak dipaparkan secara gamblang. Tujuannya merupakan membuat seluruh anggota mempunyai benak yang sama serta mengerti terhadap seluruh ketentuan sehingga mereka tidak lagi memiliki prasangka yang kurang baik terhadap suatu perihal yang sudah diresmikan. Pada intinya, briefing ini sifatnya transparan buat seluruh anggota kelompok.

4. Menggali Terdapatnya Ilham Kreatif

Tidak hanya cuma menyelaraskan uraian serta menyatukan tujuan bersama, briefing pula memiiki khasiat buat menggali ide- ide kreatif dari tiap anggota yang sepanjang ini belum ditemukan. Dalam aktivitas tersebut tiap anggota leluasa buat menyatukan komentar serta pula mengantarkan ilham yang mereka miliki.

Berikutnya, perihal itu hendak dipertimbangkan bersama serta bila memanglah seluruh sepakat serta hasilnya sangat baik buat pertumbuhan kelompok, hingga ilham tersebut dapat direalisasikan.

Telah banyak sekali pengalaman yang berkata kalau dalam aktivitas briefing hendak menimbulkan banyak ilham baru nan kreatif. Karena, bila tidak terdapat pertemuan semacam halnya briefing, anggota hendak sangat susah buat mengantarkan ilham serta mayoritas dari mereka pula masih banyakyang kurang yakin diri dengan ilham yang dipunyai.

5. Mengetahui Terdapatnya Permasalahan yang Muncul

Audiensi dalam briefing pula sangat dibutuhkan. Perihal ini mempunyai khasiat buat mencermati keluhan dari para anggota kelompok serta pula permasalahan apa yang lagi dialami. Bila tidak terdapat aktivitas briefing, permasalahan hendak sangat susah buat dideteksi.

Oleh karena itu, melaksanakan briefing sangat disarankan supaya seluruh permasalahan dapat dicarikan solusinya serta seluruh anggota dapat bersama- sama berjalan dengan baik melaksanakan tugas mereka tiap- tiap. Di samping itu, perihal ini pula menaikkan erat tali persaudaraan antar tiap anggota.

Contoh Aktivitas Briefing

Banyak sekali contoh aktivitas apa itu briefing yang terdapat di lapangan. Dalam lingkup pekerjaan, contoh aktivitas ini ialah membagikan pengarahan kepada para karyawan baru. Dalam pengarahan tersebut hendak di informasikan tugas karyawan, peraturan industri, permasalahan pendapatan, serta seluruh perihal yang menyangkut dengan industri serta karyawan.

Di situ karyawan pula boleh bertanya terpaut dengan apa- apa yang belum dimengerti. Tujuan akhir dari briefing ini merupakan terjalin konvensi antara kedua belah pihak ialah industri serta karyawan.

Contoh lain dari briefing di luar lingkup pekerjaan merupakan briefing buat sesuatu aktivitas yang hendak meoibatkan banyak orang dalam suau kelompok. Misalkan saja brefing pada panitian penerapan aktivitas peringatan Hari Besar.

Dalam briefing tersebut hendak di informasikan bagaiaman jalannya aktivitas, tuga tiap- tiap panitia, anggaran yang digunakan buat aktivitas, serta masih banyak lagi yang yang lain. Harapannya dengan beriefing tersebut seluruh panitia mengerti serta aktivitas juga berjalan dengan mudah.

Arti Briefing Menurut Brainly

Breafing adalah bentuk komunikasi antara leader atau bos untuk menjelaskan atau menguraikan semua hal yang dibutuhkan dalam bekerja atau tugas sehari-hari.

Dengan cara breafing terlebih dahulu, maka pekerjaan akan lebih mudah untuk dijalankan. Beda lagi dengan tanpa breafing terlebih dahulu, maka pekerjaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Arti Briefing Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Ada 5 arti kata breafing yang sudah kami kumpulkan menjadi satu antara lain yaitu:

  1. Taklimat
  2. Penerangan
  3. Pengarahan
  4. Penjelasan
  5. Santiaji

Kesimpulan

Breafing menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah penerangan atau penjelasan. Bisa kita garis bawahi disini mengenai arti breafing tersebut, bahwasannya penjelasan (berafing) sangat penting dalam dunia pekerjaan, agar menjadi lebih mudahnya pekerjaan tersebut dilakukan.

Pertanyaan

Apa Tujuan Briefing ?

Tujuan utama breafing adalah untuk menjelaskan semua langkah atau pekerjaan yang akan dilakukan.

Bagaimana Cara Briefing

Cara breafing sangatlah mudah, untuk leader, anda bisa mengumpulkan terlebih dahulu anggotanya dan leader menjelaskan secara rinci apa yang akan dilakukan dalam pekerjaan tersebut.

Apa Arti Briefing Pagi

Artinya adalah penjelasan dipagi hari oleh ketua kepada anggota mengenai apa yang akan dikerjakan.

Apa Itu Briefing Kerja

Artinya sebelum kita kerja maka bos akan menjelaskan atau memaparkan semua kebutuhan dalam bekerja.

Tidak jauh beda dengan briefing sekolah, murid akan mendengarkan semua wejangan yang diberikan oleh sang guru, biasanya breafing sekolah ini dilakukan saat upacara bendera dihari Senin.

Baiklah sobattechno sekalian, mungkin itu saja yang dapat kami simpulkan untuk anda semuanya, semoga artikel ini banyak manfaatnya, sekian dan terimakasih.

“Apa Itu Briefing, Pengertian, Arti Briefing Dan Contohnya”

About Azqiara

Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.