Maksum Artinya? Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum Adalah

Maksum Artinya? Apa Yang Dimaksud Dengan MaksumMaksum adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh nabi dan rasul Allah, Arti kata Maksum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti lepas, dipisahkan, terbagi, tercerai.

Namun arti maksum dalam istilah yaitu terbebas dari segala kesalahan dan dosa, atau sering disebutkan bahwa nabi dan rasul itu sudah dilepaskan dari segala dosa, dosa yang dilakukan telah dihapuskan oleh-NYA.

Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum
Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum

Maksum Artinya Menurut Para Ahli

  1. Menurut para ahli Sriwahyuni mengungkapkan pada beberapa kajian terhadap ayat-ayat Itab kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau mengatakan bahwasannya kata ma’sum atau maksum berasal dari kata Ashoma dan Ashama yang akar utamanya dari kata ish-mah yang memiliki arti emmelihara. Di dalam kitab Al-Qur’an kata maksum telah disebutkan dengan 13 kali penulisannya, kesimpulan dari kata maksum adalah menahan diri.
  2. Menurut Imam Muhammad Shiraji pada buku yang berjudul Dengan Siapa Kita Menikah beliau mengatakan bahwa maksum memiliki arti bebasa dari segala dosa. Sedangkan menurut istilah arti maksum adalah suci dari segala dosa, terpelihara dari berbagai masalah atau kesalahan dan kekeliruan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum

Sifat maksum ini dikhususkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, sifat maksum hanya dimiliki oleh nabi dan rasul.

Tujuan Allah memaksumkan para nabi dan rasul agar pada saat menyampaikan FirmanNYA terbebas dari semua dosa dan kesalahan.

Nabi dan rasul merupakan manusia pilihan yang mendapatkan hak istimewa seperti memiliki sifat maksum untuk memperbaiki sifat umat manusia.

Rasul dan para nabi adalah pendakwah, pendidik, tauladan kepada hal kebaikan, sudah seharusnya beliau-beliau ini mendapatkan hak istimewa yaitu maksum untuk menyampikan Ayat-AyatNYA.

Dibawah ini sifat para nabi dan rasul selain maksum yang diberikan kepada mereka. Untuk mengetahinya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

4 Sifat Nabi dan Rasul

Rasul dan Nabi adalah makhluk pilihan Allah SWT, sebagai utusan mereka juga memiliki sifat manusiawi seperti manusia lainnya. Ada beberapa sifat yang wajib mereka miliki, yang sering disebut sifat wajib bagi rasul berikut 4 sifat wajib tersebut.

Shidiq

Shidiq memiliki arti jujur, setiap nabi dan rasul harus memiliki sifat ini karena dengan sifat siddiq ini beliau jujur dalam perkataan dan perbuatan, Maka bagi para nabi dan rasul mustahil untuk melakukan kebohongan.

Amanah

Amanah memiliki arti dapat dipercaya. Para nabi dan rasul selalu menjaga wahyu yang telah diturunkan oleh Allah SWT dengan kehendakNYA. Jadi nabi dan rasul mustahil untuk melakukan penghianatan.

Fathonah

Fathonah sendiri memiliki arti pintar, cerdas, jenius. Tidak mungkin seorang utusan memiliki sifat bodoh atau baladah. Sebab para nabi dan rasul harus memiliki sifat bijak dalam semua perbuatan dan juga perkataan. Bijak sendiri disebabkan adanya sifat cerdas dan pintar.

Tabligh

Tabligh memiliki arti menyampaikan. Tugas para nabi dan rasul adalah menyampaikan segala perintah dan juga larangan dariNYA kepada umat manusia.

Mereka menyampaikan semua ajaran yang telah diberikan Allah SWT tanpa merahasiakannya. Jadi tidak mungkin nabi dan rasul memiliki sifat Khitmat atau menyembunyikan segala risalahNYA.

Penjelasan

Setelah kita menelaah dan memahami apa yang dimaksud dengan sifat maksum diatas bisa kita garis bawahi bahwa maksum adalah sifat yang diberikan Allah kepada nabi dan rasulNYA.

Yang dimaksud dengan MAKSUM adalah bebasa dari segala dosa dan juga segala kesalahannya sebab Allah sendirilah yang memelihara langsung atau menjaganya.

Demikian postingan pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai arti maksum dan juga maksud dari maksum tersebut. Semoga dengan ulasan yang singkat, padat dan jelas ini dapat memeberikan ilmu untuk kalian semuanya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman-teman yang lainnya agar mereka juga mengetahui apa itu maksum dan tujuannya.

Mungkin itu saja yang dapat admin bagikan kepada kalian semuanya, harapan admin artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya. Salam selalu sehat dan semoga kita selalu mendapatkan lindunganNYA Amin Amin Amin Ya robbalngalamin.

“Maksum Artinya? Apa Yang Dimaksud Dengan Maksum”

About Azqiara

Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jasa Mempercepat Wordpress