Mengapa Perangkat Lunak Seharusnya Tanpa Pemilik

Mengapa Perangkat Lunak Seharusnya Tanpa Pemilik
 :: oleh Richard Stallman ::

Sumbangan teknologi informasi digital kepada dunia ialah kemudahan kita menyalin serta mengubah informasi. Komputer menjanjikan untuk memudahkan hal tersebut untuk kita semua.

Tidak semua menginginkan kemudahan ini. Sistem hak cipta membuat perangkat lunak berpemilik–yang kebanyakan diantara mereka–berniat untuk menghalangi masyarakat untuk mendapatkan potensi manfaat dari perangkat lunak. Mereka ingin menjadi satu-satunya pihak yang berhak untuk menyalin atau pun mengubah perangkat lunak yang kita gunakan.

Sistem hak cipta berkembang di dunia cetak-mencetak–sebuah teknologi untuk menyalin secara besar-besaran. Sistem ini cocok dengan teknologi ini, karena hak cipta tersebut diberlakukan kepada para pemilik percetakan. Hak cipta tersebut tidak membatasi kebebasan para pembaca buku. Seorang pembaca biasa, yang tidak memiliki percetakan, boleh menyalin buku dengan pulpen dan tinta, dan hanya sedikit pembaca yang dituntut untuk melakukan itu.

Teknologi digital itu jauh lebih luwes dari pada percetakan: jika informasi berbentuk digital, secara mudah anda dapat menyalinnya untuk berbagi dengan rekan yang lain. Keluwesan tersebut tidak cocok dengan sistem hak cipta.

About Azqiara

Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.