Kapan Perubahan Psikis Fisik Sekaligus Pematangan Fungsi Reproduksi Terjadi Pada Masa

Pematangan Fungsi Reproduksi Terjadi Pada Masa
Pematangan Fungsi Reproduksi Terjadi Pada Masa

Pertanyaan : Kapan Perubahan Psikis Fisik Sekaligus Pematangan Fungsi Reproduksi Terjadi Pada Masa

Jawaban : Perubahan psikis, fisik, sekaligus pematangan fungsi reproduksi adalah terjadi pada masa remaja atau masa pubertas.

Pada masa remaja atau masa pubertas hormon reproduksi sudah mulai diproduksi, organ reproduksi telah siap untuk berfungsi dan terjadi perubahan perilaku serta pola pikir.

Baca Juga : Aktivitas yang Menyebabkan Terjadinya Inspirasi Ialah

Pembahasan

Masa remaja atau masa pubertas merupakan sebutan untuk masa akhil baliq untuk manusia. Terdapat perubahan ciri yaitu ciri primer dan ciri sekunder pada pria maupun perempuan.

Terjadi berbagai perubahan pada masa pubertas antara lain perubahan fisik, pola pikir, mental serta matangnya organ reproduksi dan telah siap untuk terjadinya reproduksi.

Perubahan Pubertas Perempuan Dan Laki-Laki

  1. Perubahan primer pada perempuan saat memasuki pubertas adalah mulai diproduksinya sel telur dan mengalami menstruasi.
  2. Perubahan sekunder pada perempuan saat memasuki pubertas adalah suara yang melengking, panggul membesar, tumbuh payudara dan tumbuh rambut di beberapa tempat.
  3. Perubahan primer pada pria saat memasuki pubertas adalah mulai diproduksinya sel sperma dan mengalami mimpi basah.
  4. Perubahan sekunder pada pria saat memasuki pubertas adalah suara yang membesar, dada membidang, tumbuh jakun dan tumbuh rambut di beberapa tempat.

“Pematangan Fungsi Reproduksi Terjadi Pada Masa”

About Rofiana Fika Sari

Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.