Pengertian Artikel, 5+ Jenis Artikel Beserta Contohnya TERBARU

Pengertian Artikel, Jenis Artikel Beserta Contohnya – Dalam kehidupan sehari-hari pasti banyak sekali yang kita baca. Baik dari media sosial, media elektronik dan lain sebagainya. Saat ini tidak hanya disekolah saja yang membahas mengenai Artikel, apalagi dunia informasi saat ini sudah sangat pesat sekali. Maka dibutuhkan sebuah tulisan atau artikel untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Namun apakah kalian tau apa yang dinamakan artikel?. Bagaimana membuatnya? dan apa saja yang diperlukan untuk membuat artikel yang baik dan benar. Jika beberapa pertanyaan tersebut terlintas dalam fikiran kalian atau memang ada tugas. Maka pas sekali jika kalian mampir di website idpengertian ini. Karena disini kami akan mengulas secara keseluruhan dari mulai judul sampai penutup. Baiklah untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan yang sudah kami siapkan dibawah ini secara terperinci.

Pengertian Artikel Dan Contohnya
Pengertian Artikel Dan Contohnya

Pengertian Artikel

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Artikel Dan Contohnya? Pengertian artikel adalah sebuah karya tulis yang lengkap dari mulai judul, materi pembahasan serta penjelasan, menurut (KBBI) kamus besar bahasa indonesia Artikel yaitu sebuah prosa atau karangan yang telah di terbitkan di media massa, media sosial, media website dan lain sebagainya.

Adapun pembahasan yang ada di dalamnya meliputi tentang sesuatu yang khusus. Contohnya kasus media sosial artis tik tok yang mengusung nama Bowo Mundardo baru-baru ini yang berkembang di masyarakat luas. Penjelasan dalam artikel tersebut juga lugas dan mudah di terima oleh pembaca.

Tujuan Artikel

Setiap tulisan atau cerita pasti mempunyai tujuan tertentu. Yang tujuannya dapat membuat pembaca bisa merasakan, melihat bahkan bisa hanyut dalam sebuah permasalahan yang disajikan. Bisa juga dengan tujuan agar pembaca melakukan sesuatu pekerjaan yang termuat dalam artikel tersebut.

Tujuan utama dalam membuat artikel adalah menyampaikan materi atau menerangkan sesuatu hal tertentu. Seperti contoh dalam artikel ini kita membahas mengenai apa itu artikel. Dengan menjelaskan semua rincian apa saja yang di butuhkan dalam membuat artikel itu sudah bisa dikatakan sebagai artikel.

Dalam kasus yang berbeda ada banyak sekali artikel yang tidak terorganisir atau acak adul alias acak-acakan, maka penulisan yang seperti ini tidak bisa dikatakan artikel yang baik dan benar, cara membuat artikel yang benar harus memenuhi standard penulisan seperti judul, pembuka, isi materi, penjelasan, kesimpulan dan penutup.

Jika beberapa faktor tersebut kurang satu saja maka informasi yang disajikan dalam sebuah artikel akan kurang lengkap, dan tentunya harus dapat dengan mudah di pahami apa isi artikel tadi, dari tujuan hingga penyelesaian.

Setelah mengerti dan memahami apa saja tujuan membuat artikel langkah selanjutnya Bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar? silahkan anda baca penjelasannya di bawah ini.

Struktur Artikel

1. Pembukaan Artikel

Dalam menulis artikel pastinya melalui alenia pertama, dalam pembuka atau teras dari sebuah artikel haruslah terdiri dari prolog, lead, dan intro. bagian pembukaan ini berisi tentang uraian, kutipan, rangkaian kejadian, peristiwa serta kejadian yang akan di bahas di dalam isi artikel.

Bisa juga menggunakan kata sapaan kepada pembaca seperti yang saya tulis dalam artikel lainnya, selalu menggunakan kalimat sapaaan kepada pembaca, dalam penulisan artikel pembuka haruslah menarik agar pembaca tau dan mengerti apa tujuan sipenulis tersebut.

2. Leher Artikel

Setelah pembukaan baru kita menuju leher dari artikel, di dalam bagian leher menjelaskan sambungan dari pembuka yaitu isi materi yang akan di jadikan dalam artikel, bagian ini merupakan bagian penghubung antara kepala dan perut.

Dengan menjelaskan beberapa materi di leher artikel ini maka pembaca akan sangat senang karena tujuan pembaca ingin mengetahui isi dari artikel yang mereka baca, setelah sedikit menjelaskan maka pembaca akan meneruskan ke inti pokok permasalahan atau inti pembahasan.

3. Tubuh/Isi Artikel

Isi artikel sangat penting sekali dalam proses penulisan artikel karena dalam isi ini tujuannya untuk menguraikan semua permasalahan atau sering dikatakan uraian eksplanasi, pengungkapan permasalahan jangan sampai keluar dari topik harus fokus dan tetap terjaga pada tujuan.

Jika artikel tersebut membahas mengenai pernikahan maka harus fokus membahas mengenai pernikahan, jangan sampai lompat ke pembahasan lainnya seperti halnya membahas tentang ekonomi, kan gak nyambung jadinya, sebenarnya nyambung sih cuman agak terlalu jauh, nyambungnya dimana….? pernikahan memang butuh dana dan dana perlu adanya ekonomi yang mapan.

Bahasa yang dipakai juga harus tertarget, jika pasar yang kalian targetkan untuk anak-anak maka bahsanya juga harus mengikuti bahasa anak, jangan menggunakan bahasa yang sulit di pahami, buatlah penjelasan jika ada kata-kata yang mungkin jarang diketahui atau jarang di sebutkan seperti contoh eksplanasi yang sudah saya jelaskan di awal.

4. Penutup Artikel

Setelah menuangkan semua materi dan menjelaskan semua masalah maka bagian terakhir adalah penutup, dalam penutup ini biasanya berisi tentang kalimat pengunci yaitu rangkuman dari semua materi dan pembahasan secara singkat dan jelas.

Seperti halnya menulis dalam sebuah website atau blog, harus mengikuti alur cara penulisan artikel yang baik dan benar, agar pembaca dapat memahami apa yang disampaikan dalam artikel tersebut, seperti contoh artikel pengertian website menurut para ahli  yang sudah saya tulis sebelumnya

Langkah Langkah Menulis Artikel

Untuk membuat sebuah artikel kita harus mengetahui langkah demi langkahnya agar apa yang kita tulis menjadi sempurna dan mudah untuk di mengerti, jika artikel tersebut tidak memenuhi kriteria di bawah ini maka menurut saya sendiri artikel tersebut masih kurang bobotnya, disini admin membagi menjadi 5 bagian.

1. Tentukan Tema

Sangat penting kita untuk menentukan sebuah tema dalam membuat atau menulis sebuah artikel, dan yang paling penting tema tersebut harus spesifik, dengan demikian minat pembaca pada artikel tersebut semakin meningkat.

Begitu juga dengan judul, jika judulnya kurang menarik perhatian maka minat pembaca juga akan menurun, buatlah judul yang semenarik mungkin agar pembaca akan tertarik untuk membaca dan memahami apa yang akan kalian jelaskan.

2. Menetapkan Tujuan Penulisan

Artikel yang baik dan benar harus mempunyai tujuan yang jelas, banyak sekali artikel yang tidak menggunakan langkah ini contohnya artikel narasi dan artikel deskripsi, jenis ini tidak menjelaskan tujuan penulisan dengan tersurat namun kebalikannya yaitu tersirat, nanti akan saya jelaskan di bawah artikel ini lengkap.

3. Rumuskan Permasalahan Atau Ide Pokok

Untuk melakukan rumusan masalah biasanya ada tanda pertanyaan seperti contoh “apakah benar semua yang dikatakan para gubernur itu bisa di tepati?”, dengan mengumpulkan data rumusan masalah maka penulisan artikel akan semakin mudah dan gampang.

Materi apa yang akan kita bahas harus sudah kita temukan terlebih dahulu, catat poin-poin penting yang akan menjadi bahan penjelasan di dalam teks artikel, seperti judul di atas mengenai gubernur, nah yang harus disiapkan terlebih dahulu yaitu mengumpulkan semua bukti ontentik mengenai perkataan gubernur.

Selanjutnya teliti kembali apakah benar atau salah dalam perkataan gubernur dan apakah janjinya ditepati, setelah itu baru kelangkah selanjutnya yaitu pengembangan pembahasan di bawah ini.

4. Mengembangkan Pembahasan

Dengan mengembangkan pembahasan maka akan membuat artikel tersebut menjadi lebih berisi dan berbobot, namun harus tetap fokus pada permasalahan utamanya tidak di perbolehkan keluar dari topik.

Pengembangan pembahasan ini sangat penting karena jika kita hanya monoton maka artikel tidak akan menarik dan serasa membosankan, untuk pengembangannya maka rumusan masalah di poin 3 di atas sangat penting, karena kita akan mengembangkan semua ulasan yang telah dikumpulkan tadi.

5. Membuat Kesimpulan

Setelah mendapatkan rumusan masalah dan melebarkan pembahasan maka langkah selanjutnya yaitu dengan membuat sebuah kesimpulan, disini merupakan puncak dari inti permasalahan dan penyelesaiannya secara singkat dan jelas.

Dengan kesimpulan ini anda harus mampu menjelaskan secara ringkas, padat dan jelas tentang inti dari maksud tulisan yang anda buat, kesimpulan ini sangat mudah di buat jika artikel anda sudah benar alurnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Contoh artikel mengenai kesimpulan bisa dilihat pada post sebelumnya yaitu kumpulan pantun nasehat lengkap, di artikel tersebut sudah mempunyai kesimpulan yang tepat, dan masih banyak lagi artikel yang sudah saya tulis secara tersetruktural di dalam website ini.

Sampai disini untuk pembahasan mengenai pembuatan artikel atau pengertian artikel menurut saya sudah cukup jelas dan sudah cukup gamblang, jika menurut anda masih ada yang kurang atau malah ada beberapa penjelasan saya yang kurang di mengerti silahkan untuk menanyakannya kepada saya dengan cara meninggalkan komentar di bawah artikel ini.

Baiklah setelah menjelaskan banyak hal di atas tentunya anda masih ingin mengetahui apa saja mengenai artikel, ada beberapa jenis artikel yang wajib anda ketahui agar nanti pada saat anda membuat tulisan tidak salah dalam menilainya atau menilai tulisan orang lain, di bawah ini penjelasannya singkat padat dan jelas.

Macam-Macam Artikel Beserta Contohnya Lengkap

Ada beberapa macam artikel yang mungkin anda belum mengetahuinya. Disini admin akan memberikan 4 jenis tulisan atau jenis artikel beserta contohnya.

1. Artikel Persuasi

Jenis yang pertama yaitu persuasi. Tulisan karangan ini mempunyai tujuan untuk mempengaruhi sang pembaca agar dapat melakukan sesuatu. Penulis mengharapkan ada tindakan yang di lakukan dalam bentuk motorik.

Contoh artikel persuasi : Tanam seribu pohon untuk penghijauan. Katakan tidak pada rokok dan narkotika. Jaga hutan kita untuk generasi mendatang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saya jelaskan satu contoh saja dalam judul menanam pohon untuk penghijauan, dalam kata-kata tersebut penulis mengharapkan kepada pembaca agar mengikuti apa yang dinginkan oleh penulis untuk menanam pohon dengan tujuan penghijauan, dalam penghijauan ini untuk menanggulangi, banjir, abrasi air laut, pemanasan global dan masih banyak lagi tujuannya.

2. Artikel Argumentasi

Sesuai dengan kata argumentasi sebuah artikel yang membuktikan pendapat kebenaran. Penulis mengharapkan pembenaran dari pembaca namun semua itu harus di dasari dengan data. Alasan serta fakta yang kongkrit atau jelas untuk mendukung pendapat.

Contoh artikel argumentasi : Sepakbola Indonesia terancam dibekukan oleh FIFA. Pasalnya, pihak pemerintah dianggap terlalu campur tangan dengan sepakbola di Indonesia. Jasa artikel seo yang di tulis oleh para pakar seo mampu mendongkrak perkembangan website anda.

3. Artikel Eksposisi

Jenis artikel yang satu ini yaitu. Artikel eksposisi adalah artikel yang menjelaskan kepada pembaca tentang topik tertentu. Tujuannya untuk memberikan informasi serta pengetahuan bisa di barengi dengan gambar, statistik dan grafik.

Contoh artikel eksposisi : Pisang merupakan salah satu tumbuhan yang sudah biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Pisang biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan. Karena mengandung vitamin (A, B, B6, C), mineral (kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan besi) serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang dari daun, jantung, hati, bonggol, bahkan kulit pisang memiliki manfaat bagi kesehatan

4. Artikel Narasi

Narasi atau sering disebut cerita. Dalam menuangkan sebuah gambaran peristiwa yang terjadi dalam narasi berupa fiksi atau juga fakta. Dalam penuliasan narasi ini cenderung akan menghabiskan banyak waktu dan biasanya sangat panjang. Karena dibutuhkan sebuah peristiwa baik peristiwa baru maupun peristiwa yang lama.

Contoh artikel narasi : Novel, Komik, Cerpen dan masih banyak lagi yang lainnya, seperti contoh artikel yang pernah saya buat yaitu mengenai sejarah runtuhnya majapahit, dalam artikel tersebut memang tidak panjang, namun sudah dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi di masa lampau dan bisa dikatakan sebuah cerpen.

5. Artikel Eksplanatif

Apa itu artikel eksplanatif? Artikel eksplanatif adalah tulisan atau bacaan yang menjelaskan mengenai suatu masalah tertentu dengan dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Penjelasan tersebut berpusat dari pandangan sang penulis agar pembaca dapat menyerap apa yang dimaksud oleh penulis secara terperinci.

Artikel seperti penjelasan di atas merupakan jenis artikel yang menjelaskan dari pertanyaan dalam persoalan yang diajukan. Seperti bagaimana, mengapa, bilamana, apakah dan lain sebagainya. Dengn beberapa pertanyaan tersebut sang penulis akan menjelaskan secara terperinci sehingga pembaca akan benar-benar faham.

Contoh artikel eksplanatif : Mengapa artikel ilmiah harus menggunakan dasar penelitian dan pengalaman

Demikian ulasan mengenai Pengertian Artikel Beserta Contohnya Lengkap secara umum dan khusus yang dapat admin tulis. Semoga dengan tulisan yang jauh dari kata sempurna ini bisa memberikan ilmu serta manfaat bagi anda dan pembaca lainnya. Selamat membaca dan semoga banyak manfaatnya Amin.

Bonus Tambahan

>> Contoh Artikel Jurnal Pdf

>> Apa yang dimaksud dengan artikel ilmiah Pdf

“Pengertian Artikel, Jenis Artikel Beserta Contohnya Terlengkap”

About Azqiara

Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

2 comments

  1. Hai, saya pikir blog Anda mungkin mengalami masalah kompatibilitas browser.
    Ketika saya melihat situs web Anda di Chrome, itu terlihat baik tetapi ketika dibuka di Internet Explorer, ada beberapa yang tumpang tindih.
    Saya hanya ingin memberi Anda kepala cepat! Selain itu, blog yang luar biasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.