Pengertian Driver Pada Komputer, Fungsi Dan 10 Macam Driver LENGKAP

Pengertian Driver Pada Komputer, Fungsi Dan 10 Macam Driver – Dikala kita membeli pc tentu tidak dapat langsung dipakai begitu saja, terdapat tahapan yang wajib dituntaskan termasuk menginstall operating system serta menginstal driver untuk hardware.

Ada berbagai macam alat yang harus di persiapkan, dari mulai driver itu sendiri, flashdisc untuk instalasi windows dan masih banyak lagi. Lantas apa pengertian dari driver itu sendiri, gimana metode kerjanya dari driver, serta buat apa gunanya? ikuti pembahasan lengkapnya dibawah.

Perlu diketahui lagi bahwa perangkat komputer tidak akan berjalan dengan semestinya, jika tidak ada dukungan dari driver itu sendiri. Mengapa driver sangat dibutuhkan? Ya karena semua perangkat keras yang ada di komputer memerlukan sitem yang menjlankannya. Tanpanya (driver) maka komputer tidak akan berjalan sama sekali.

Pengertian Driver Pada Komputer
Pengertian Driver Pada Komputer

Pengertian Driver Pada Komputer

Driver pc yakni aplikasi ataupun fitur lunak yang berfungsi selaku pengontrol dari tiap komponen fitur keras yang terhubung ke pc, semacam keyboard, printer, port usb, wifi card, mengendalikan pencahayaan serta sebagainya.

Dengan menggunakan driver, seluruh fitur perangkat keras yang tersambung bisa melaksanakan komunikasi serta berhubungan dengan pembedahan sistem ataupun program yang terpasang pada pc.

Baca Juga : Pengertian Jaringan Komputer

Singkatnya, driver berperan selaku penghubung antara perangkat lunak ( aplikasi) serta perangkat keras ( hardware) pc ataupun laptop.

Dalam khasiatnya, driver pula sanggup berhubungan dengan hardware yang lain, semacam smartphone, printer, scanner serta hardware yang lain yang terhubung pada perangkat. Buat melakukannya, kamu butuh menginstall program driver bonus secara manual di web formal dari hardware tersebut, cocokkan merk, sistem oprasi serta jenis yang bisa digunakan pada pc atau laptop.

Fungsi Driver Pada Komputer

  • Selaku media komunikasi serta penerjemah antara Hardware serta Software
  • Selaku penghubung antara OS, User serta Hardware
  • Sediakan data API( Application Programming Interface)
  • Mengendalikan serta melaksanakan komponen Hardware dengan baik

Macam- Macam Driver Pada Komputer

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa driver memiliki peran penting pada perangkat komputer. Berikut ini beberapa macam driver yang sering digunakan pada komputer.

  • Driver audio: Komponen ini berhubungan dengan audio ataupun suara pada pc.
  • Driver Bios: Komponen ini berhubungan dengan motherboard didalam pc.
  • Driver Chipset: Komponen ini berhubungan dengan komponen chip/ processor pada motherboard
  • Driver Graphics: Komponen ini berhubungan dengan visual grapich( GPU) pada tampilan monitor pc.
  • Driver Keyboard: Komponen ini berhubungan dengan kinerja keyboard.
  • Driver Mouse: Komponen ini berhubungan dengan mouse ataupun track pad.
  • Driver Storage: Komponen ini berhubungan dengan perlengkapan penyimpan informasi semacam harddisk
  • Driver Printer: Komponen ini berguna untuk mengatur kendali pada printer
  • Driver Webcam: Komponen ini berhubungan dengan kamera website.
  • Driver Network: Komponen ini berhubungan dengan koneksi ke internet.

Hal Yang Sering Dipertanyakan Seputar Driver Komputer

Gimana metode mengisntallnya?

Metode menginstall driver pada pc sesungguhnya sama saja semacam menginstall aplikasi berbasis windows atau macOS yang lain. Jika kita telah memperoleh sortware driver, hingga kita hendak dibawa ke kotak diskusi yang berisi panduan instalasi.

Kita cuma butuh menjajaki instruksi pada kotak diskusi tersebut sampai berakhir, serta jangan kurang ingat buat menghubungkan hardware kamu dikala instalasi. Misal kala hendak menginstal modem hingga yakinkan modem tersambung baik lewat wifi ataupun USB.

Dimana kita dapat memperoleh driver?

Driver sesungguhnya berupa semacam aplikasi biasa yang sifatnya freeware (gratis). Bila pada windows hingga aplikasi ini hendak berwujid file. exe Serta semacam aplikasi pada biasanya, driver aplikasi pula mempunyai tipe serta tipenya. Walaupun sama hardwarenya bukan berarti sama drivernya. Oleh karena itu kesalahan memilah driver pula dapat membuat instalasi kandas.

Artikel Terkait : Cara Mudah Screenshot Di Komputer

Secara universal, kita dapat memperoleh aplikasi ini free kala kita membeli hardware. Buat hardware semacam modem, serta webcam umumnya file telah terletak didalam hardware serta otomatis muncl kala kita awal kali menghubungkan hardware. Tetapi, tidak hanya itu terdapat tempat lain buat memperoleh aplikasi ini. Secara universal terdapat 2 metode ialah;

  • Pada CD/ Hardware Langsung

Yang sangat universal, kita hendak memperoleh aplikasi ini free kala kita membeli hardware. Semacam uraian diatas terdapat yang terletak didalam hardware langsung, terdapat puka yang disediakan pada suatu CD. Driver yang berasal dari CD original ini merupakan metode sangat, kilat, pas serta nyaman buat memperoleh driver yang kompatibel dengan hardware.

  • Download Driver Dari Internet

Selain dari situs-situs resmi seperti microsoft atau vendor penyedia perangkat keras lain. Kami juga bisa download driver di situs-situs terpercaya lain seperti di Roomdrivers.com, Driverscape.com, atau yang lainnya.

Tetapi, kita butuh koneksi internet buat mendownload driver tersebut yang besarnya bermacam- macam. Dapat dalam hitungan MB ataupun GB. Metode ini banyak dipakai pada industri hardware besar yang mempunyai rentan pembaharuan aplikasi yang besar seperti printer, vga, dan lainnya. Itu membolehkan kamu melaksanakan upgrade terhadap hardware yang kamu gunakan secara gratis dan mudah.

“Pengertian Driver Pada Komputer, Fungsi Dan 10 Macam Driver”

Tinggalkan komentar