Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Dan Menurut Para Ahli | Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering mendengarkan kata kewirausahaan. Apakah yang dimaksud dengan wirausaha secara umum dan menurut para ahli?. Dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap yang sesuai dengan keadaan saat ini. Baik dalam lingkup masyarakat maupun lingkup kenegaraan.

Pengertian Wirausaha Dan Penjelasannya Lengkap
Pengertian Wirausaha Dan Penjelasannya Lengkap

Banyak sekali yang masih belum mengerti tentang pengertian kewirausahaan, tujuannya, syarat dan bagaimana menjalankannya. Ada banyak sekali di lingkungan kita bentuk suatu usaha, baik mandiri, kelompok maupun perusahaan. Baiklah untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak semua ulasannya dibawah ini.

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Kewirausahaan merupakan hal yang umum dan pastinya sering kita dengar dalam dunia perdagangan. Kewirausahaan sendiri dapat di definisikan sebagai tindakan atau kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi orang lain maupun bagi diri sendiri.

Untuk sikap nya sendiri tidak dapat di ragukan lagi bahwa kewirausahaan harus mempunyai sikap mental dan jiwa yang kreatif, inovatif dan berdaya guna, untuk memperoleh pendapatan dari usaha yang di lakukan.

Istilah wirausaha dan kewirausahaan sering kali membuat kita bingung apa sih perbedaan nya, sebetulnya keduanya memiliki arti yang hampir sama, hanya saja Wirausaha adalah orang yang melakukan suatu usaha. Sedangkan Kewirausahaan adalah suatu bentuk sikap yang harus di lakukan oleh seorang wirausaha tersebut.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian kewirausahaan dan wirausaha menurut para ahli:

  1. Menurut Ahmad Sanusi (1994); Kewirausahaan adalah sebuah nilai yang di wujudkan ke dalam perilaku yang di jadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, kiat, proses dan hasil bisnis.
  2. Menurut Joseph Schumpeter; Wirausaha merupakan orang yang memperoleh kesempatan dan mampu membuat peluang tersebut menjadi sebuah usaha yang menguntungkan.
  3. Menurut Robbin dan Coulter; Kewirausahaan adalah sebuah proses dimana seseorang atau kelompok orang menggunakan segala daya upaya nya yang terorganisasi utuk mencari sebuah peluang dan menciptakan sesuatu yang memiliki daya guna serta manfaat yang bersumber dari inovasi dan keunikan tanpa memperhatikan sumber daya yang di gunakan saat itu.
  4. Menurut Kasmir; Wirausaha adalah orang-orang yang memiliki keberanian untuk mengambil resiko  dari peluang usaha yang ada dengan harapan bisa mendapat sebuah pembelajaran baru.
  5. Menurut Hervey Leibenstein; Kewirausahaan adalah kegiatan yang di perlukan untuk melaksanakan dan menciptakan suatu produk dimana saat itu pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas.
  6. Menurut Frank Knight; seorang Wirausahawan harus mampu untuk merespon dan memprediksi perubahan pasar dengan cepat dan tepat. Hal ini di perlukan karena sering terjadinya ketidak setabilan pada pasar.
  7. Menurut Soeharto Prawiro; Kewirausahaan adalah sebuah nilai penting yang di perlukan untuk modal awal dalam melakukan sebuah usaha dan pengembang usaha.
  8. Menurut J.B Say; Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola berbagai macam sumber daya yang ada secara ekonomis dan mampu meningkatkan produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Jadi,Begitu lah pengertian dari kewirausahaan dan wirausaha menurut para ahli.

Pengertian kewirausahaan secara umum adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda(inovatif), dapat memberikan nilai lebih dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat, sebelum terjun ke bidang yang satu ini perlu adanya mengetahui apa itu ekonomi dan pengertian ekonomi yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya.

Contoh Wirausaha Yang Lagi Booming Saat Ini

  1. Contoh usaha kecil di bidang kuliner: Usaha ini terbilang sangat menjanjikan karena setiap orang pasti membutuhkan asupan makanan setiap harinya, jadi tak heran jika selalu ramai pembeli. Bagi para wirausaha, usaha  ini  memiliki peluang  untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan peluang yang sebegitu pasti bnyak orang berlomba-lomba untuk membuka usaha di bidang kuliner. Meski begitu tetap saja bnyak dari mereka yang berhasil. Jika anda berminat, anda bisa memulainya dengan membuka usaha restaurant, cafe, rumah makan, warteg atau bahkan warung kaki lima.
  2. Contoh usaha kecil di bidang jasa: Usaha dibidang jasa berhubungan dengan biokrasi seperti pengurusan surat-surat kendaraan, surat izin mengemudi, surat izin usaha, dan pengurusan dokumen penting lainya.

Manfaat Kewirausahaan Untuk Diri Sendiri Dan Masyarakat

Berikut rumusan dari Thomas W Zimmerer et.al(2005) tentang manfaat kewirausahaan.

  1. Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan bagi nasib sendiri, memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi pembisnis untuk mencapai tujuan hidupnya. Pembisnis akan mencoba memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnisnya guna untuk mewujudkan cita-cita nya.
  2. Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya. Banyak orang yang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan seringkali membosankan, tidak ada daya tarik dan kurang menantang. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang wirausahawan, karena bagi mereka tidak lah ada beda nya antara bekerja dengan menyalurkan hobi, kedua sama saja. Keberhasilan mereka adalah suatu hal yang di tentukan oleh kreativitas, antusias, inovasi dan visi mereka sendiri.
  3. Memberi peluang melakukan perubahan. Semakin banyaknya para pemain bisnis yang memulai usahanya karena mereka tau dan mengerti apa saja peluang yang ada untuk melakukan banyak perubahan yang dapat bermanfaat untuk diri mereka maupun lingkungan. Mungkin berupa penyediaan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai, dan mendirikan daur ulang limbah untukmelestarikan sumber daya alam yang terbatas, banyak sekali pembisnis kini sudah cukup cepat menemukan cara yang efektif untuk mengkombinasikan wujud kepedulian yang ingin mereka wujudkan untuk mengatasai masalah ekonomi dengan cara bersosial di masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang layak dan lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Menjadi seorang wirausahawan harus lah mampu mengeluarkan inovasi-inovasi baru dan bermanfaat bagi setiap orang. Terus lah berkreasi dan tetap semangat! baru lah kita akan menikmati hasil dari kerja keras kita.

Setelah mengetahui apa saja tentang wirausaha dan ekonomi masyarakat tentunya kita harus memahami pula tentang pengertian akuntansi untuk mengatur semua kegiatan transaksi yang akan kita lakukan pada saat usaha yang kita geluti mulai berjalan. Terimakasih sudah membaca tulisan tentang Pengertian Kewirausahaan Secara Umum semoga kerja keras kita selalu berbuah manis.

“Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Dan Menurut Para Ahli”

2 pemikiran pada “Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Dan Menurut Para Ahli”

Tinggalkan komentar