Perihal yang Perlu Dihindari Dalam Lompat Jauh adalah

Perihal yang Perlu Dihindari Dalam Lompat Jauh adalah – Pertanyaan ini kembali lagi muncul setelah beberapa saat hilang entah kemana, dalam melakukan olahraga lompat jauh ada beberapa hal yang perlu dihindari. Sebelum kita membahas pelajaran penjaskes kelas 9 (SMP) ini perlu admin tekankan lagi, disini kami membagikan pertanyaan disertai dengan jawaban yang tepat.

Lompat jauh merupakan salah satu jenis olahraga yang mengutamakan kekuatan kaki sebagai tumpuannya. Dengan kaki yang kuat dapat dipastikan lompatan yang akan dihasilkan juga lebih jauh lagi. Nah memang ada hal-hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pertanyaan dan jawaban dibawah ini.

Contoh Soal Pejaskes Kelas 9 Lompat Jauh

1.hal hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah

a.latihan gerak pendaratan
b.memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak
c.menguasai gerak langkah dan ayunan
d.mencapai jangkauan geraj yang baik
e.memelihara kecepatan sampai saat menolak

2.cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah

a.kaki diluruskan
b.kaki dilipat belakang
c.kaki dilipat kedepan
d.kaki dibengkokkan

3.pada waktu seorang pelompat jauh mengambil awalan, makin dekat dengan bolak tumpu,maka larinya makin

a.lambat
b.kuat
c.tinggi
d.cepat

4.pada saatnya melakukan pendaratan lompat jauh gaya jongkok yang mendarat terlebih dahulu adalah

a.kedua tangan
b.kedua kaki
c.badan
d.punggung

5.pada saat memegang peluru, titik berat peluru berada pada

a.telapak tangan
b.ibu jari
c.ibu jari dan jari kelingking
d.seluruh jari tangan

6. induk organisasai pencak silat indonesia adalah

a.pesilat
b.IPSI
c.PRSI
d.persinas

Baca Juga : Cara Memegang Peluru yang Benar

Kunci Jawaban Soal Penjaskes Kelas 9

1. B. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum menolak

2. D. kaki dibengkokkan

3. D. cepat

4. B. kedua kaki

5. A. telapak tangan

6. B. IPSI

Penjelasan Singkat Tentang Contoh Soal diatas

Berikut adalah penjelasan secara rinci kunci jawaban diatas, dengan penjelasan ini kamu akan lebih memahami apa yang telah diajarkan disekolah.

  • No. 1 jawaban ada pada opsi B karena dengan merubah langkah saat sebelum mencapai titik tolak dalam lompat jauh justru akan merubah kecepatan sehingga akan berpengaruh kepada hasil lompatan dan bisa membuat kualitas lompatan menjadi berkurang. Opsi A perlu lebih dilatih dalam karena gerak pendaratan sangat berpengaruh terhadap hasil penilaian lompat jauh, begitu juga opsi C dan D. Opsi E berperan penting dalam menghasilkan lompatan yang maksimal karena kecepatan adalah kunci utama menghasilkan tolakan yang bagus dan maksimal.
  • No. 2 jawaban ada pada opsi D karena saat melakukan pendaratan agar tidak terjadi cedera maka harus diimbangi lutut yang menekuk dengan harapan beban benturan pasir ke kaki sedikit berkurang. Opsi A justru akan mengakibatkan benturan keras dan resiko cedera. Opsi B akan membuat lutut yang cedera, sedangkan opsi C adalah gerakan yang tidak mungkin dilakukan.
  • No. 3 jawaban ada pada opsi D karena dengan adanya tambahan kecepatan diharapkan kekuatan tolakan akan bertambah dan akan menghasilkan lompatan yang lebih jauh. Opsi A akan membuat kekuatan tolakan menjadi rendah sehingga lompatan akan dekat. Opsi B kurang tepat apabila digunakan untuk istilah lari. Lari lebih cenderung kepada kecepatan bukan kekuatan. Begitu juga opsi jawaban C kurang tepat apabila diterapkan ke gerakan lari.
  • No. 4 jawaban ada pada opsi B karena saat melompat, anggota tubuh yang berada paling dekat dengan tanah adalah kedua kaki. Opsi A kalah lebih dulu dengan posisi kedua kaki dibanding dengan tanah begitu juga opsi C dan D justru malah akan menyebabkan cedera.
  • No. 5 jawaban ada pada opsi A karena saat memegang peluru sebaiknya dilakukan dengan seluruh telapak tangan agar peluru tidak mudah jatuh dari pegangan. Opsi B kurang kuat dalam memegang peluru sehingga malah mudah terjatuh dari pegangan begitu juga opsi C dan D.
  • No. 6 jawaban ada pada opsi B karena kepanjangan IPSI adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia. Opsi A adalah pelaku/ atlet dalam pencak  silat. Opsi C adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Sedangkan opsi D adalah Perguruan Silat Nasional yaitu suatu yayasan.

Kesimpulan

Setelah kita memahami dan menelaah bersama apa saja yang diajarkan disekolah, khususnya pelajaran penjaskes tentang lompat jauh telah terjawab secara detail. Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pertanyaan pertama yaitu Perihal yang Perlu Dihindari Dalam Lompat Jauh adalah memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum menolak.

Dengan contoh soal dan kunci jawaban diatas, penulis berharap artikel ini dapat membantu dan menyelesaikan tugas kalian, serta menambah wawasan dan ilmu untuk kalian semuanya.

Mungkin itu saja yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya…? agar mereka juga tau dan mengerti, Sampai jumpa dan tetap semangat belajarnya.

“Perihal yang Perlu Dihindari Dalam Lompat Jauh adalah”

About Azqiara

Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.