Seorang Pelari Jarak Pendek Dinyatakan Diskualifikasi Pada Waktu Lomba Apabila

Seorang Pelari Jarak Pendek Dinyatakan Diskualifikasi Pada Waktu Lomba Apabila? Pertanyaan ini akan selalu muncul dalam UN atau juga ujian tengah semester. Dalam pelajaran penjaskes kalian harus mengetahui materi tentang lari jarak pendek ini. Kebetulan sekali jika kalian mampir disini, karena kami akan menjawab pertanyaan tersebut dan juga menjelaskan tentang lari jarak pendek.

Dalam olahraga lari jarak pendek ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar. Jika pelari melanggar larangan tersebut, maka dia akan di diskualifikasi dalam lomba tersebut. Pertanyaan dan kunci jawaban penjaskes ini untuk kelas 8 (SMP). Untuk mengetahui jawaban yang ebnar dan tepat dari beberapa pertanyaan diatas, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

1. Pelari jarak pendek dinyatakan diskualifikasi pada waktu lomba apabila ….

A. Lari pada lintasannya sendiri
B. Lari memotong lintasan atlit lain
C. Lari pada urutan terakhir
D. Lari mendahuli atlit lain sebelum memasuki finish.

2. Lari sprint merupakan salah satu nomor lari dari cabang olahraga…

A. Bela diri
B. Akuatik
C. Atletik
D. Sepakbola

3. Cara memasuki garis finish yang banyak dilakukan oleh atlit lari jarak pendek adalah

A. Menjatuhkan salah satu kaki tepat digaris finish
B. Menjatuhkan salah satu tangan kedepan
C. Kepala melihat garis finish
D. Lari terus tanpa merubah kecepatan hingga melewati garis finish

4. Gerak langkah kaki saat berlari pada olahraga Lari Jarak Pendek 100 M, pendaratan kaki pada tanah menggunakan ….

A. tumit kaki dengan lutut lurus.
B. tumit kaki dengan lutut agak ditekuk
C. ujung telapak kaki dengan lutut lurus.
D. ujung telapak kaki dengan lutut dilipat.

5. Sikap kaki saat melakukan gerak berlari pada olahraga Lari Jarak Pendek 100 M adalah….

A. melangkah lebar dan lambat
B. melangkah kecil dan lambat
C. melangkah kecil dan cepat
D. melangkah lebar dan cepat​

Kunci Jawaban Penjaskes Pertanyaan Diatas

  1. (B) Lari memotong lintasan atlit lain
  2. (C) Atletik
  3. (A) Menjatuhkan salah satu kaki tepat di garis finish
  4. (D) Ujung telapak kaki dengan lutut di lipat
  5. (D) Melangkah lebar dan cepat

Pertanyaan Serupa : Kebutuhan Kebugaran Jasmani

Pembahasan

Berikut merupakan uraian dari jawaban diatas.

Dalam lari jarak pendek, tiap pelari mempunyai lintasan lari dengan lebar 1, 22 m. Pada lari jarak pendek, pelari dilarang memasuk lintasan pelari lain. Alasannya, bila pelari memasuk lintasan pelari lain, pelari tersebut dikira mengusik pelari lain serta hendak didiskualifiasi oleh panitia.

Berolahraga lari merupakan berolahraga yang mengandalkan kecepatan. Olharaga lari terdiri dari sebagian berbagai, ialah lari jarak pendek ataupun lari sprint, lari jarak menengah, serta lari jarak panjang. Dalam dunia berolahraga, seluruh tipe berolahraga lari masuk ke dalam cabang berolahraga atletik.

Dalam lari jarak pendek, ada sebagian gerakan metode bawah yang bisa dicoba buat merambah garis finish. Metode bawah merambah garis finish pada lari jarak pendek merupakan melangkahkan kaki ke garis finish, menjatuhkan salah satu bahu ke depan, serta membusungkan dada ke depan.

Pada lari jarak pendek, pendaratan kaki kala berlari dicoba dengan ujung kaki serta lutut sedikit ditekuk. Perihal ini digunakan buat memudahkan pemain melaksanakan tolakan kala berlari.

Dalam lari jarak pendek 100 m, pelari harsu mengandalkan kecepatan berlarinya. Hingga dari itu, pelari disarankan buat memakai langkah lebar serta kilat kala berlari. Perihal ini bertujuan supaya lebih kilat menjangkau jarak langkah kala berlari.

Lari jarak pendek ataupun yang pula diucap lari sprint ialah salah satu tipe cabang berolahraga yang dicoba dengan metode berlari sedini bisa jadi sampai garis finish dengan menempuh jarak tertentu.

Terdapat sebagian peraturan lari jarak pendek ialah:

1. Perlombaan lari sprint hendak dicoba di jalan yang telah didetetapkan.

2. Pelari awal yang sukses hingga ke garis finish dengan waktu tersingkat, hingga hendak dinyatakan selaku pemenangnya.

3. Umumnya hendak diadakan babak kualifikasi Bila jumlah pelari terdapat lebih dari 8 orang.

4. Bila dalam babak kualifikasi kedelapan pelari yang sukses mencatat waktu tercepat, hingga mereka hendak dinyatakan lolos ke babak berikutnya ialah babak final.

5. Jumlah partisipan hendak didetetapkan bersumber pada keputusan dari organisasi yang menyelenggarakan perlombaan tersebut.

6. Sepanjang perlombaan berlangsung, para spinter wajib senantiasa berlari di jalan yang sudah didetetapkan untuk tiap- tiap pelari.

7. Pelari tidak di izinkan buat melintasi serta membatasi jalan pelari yang lain sebab bila mereka melaksanakan perihal tersebut, hingga pelari dapat didiskualifikasi.

8. Para pelari pula wajib memakai sepatu spesial buat berlari.

9. Dikala perlombaan hendak mengawali, para pelari wajib bersiap- siap dengan meletakkan kakinya di atas block start dengan melaksanakan metode start jongkok.

10. Perlombaan lari sprint hendak diawali dikala wasit menembakkan pistol ataupun meniupkan peluit selaku ciri dimulainya perlombaan. Bila Pelari telah berlari lebih dahulu saat sebelum wasit melaksanakan perihal itu, hingga pelari hendak didiskualifikasi dari perlombaan.

11. Perlombaan tersebut hendak dikira berakhir sehabis pelari sukses melewati garis finish.

Kesimpulan

Jadi, bersumber pada peraturan no 7 bisa disimpulkan kalau pelari jarak pendek dinyatakan diskualifikasi pada waktu lomba apabila lari memotong lintasan atlet lain( B).

Tinggalkan komentar