Ini Solusi Saat Sudah Gak Sanggup Bayar Kreditan Mobil

Saat ingin kredit mobil, berarti Anda sudah siap untuk membayar cicilan setiap bulannya sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Namun terkadang saat-saat tidak terduga, ada banyak hal yang harus Anda penuhi dan ekonomi Anda sedang memburuk yang menyebabkan tidak sanggup bayar cicilan mobil, apa yang harus dilakukan? Pasalnya, telat membayar cicilan saja mendapatkan konsekuensi, apalagi jika tidak membayarnya sama sekali.

Jika Anda merasa tidak sanggup lagi untuk membayar cicilan mobil, jangan menyerah begitu saja. Carilah solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini agar Anda tidak merasa rugi dan tidak kehilangan mobil kesayangan Anda.

Solusi Saat Sudah Gak Sanggup Bayar Kreditan Mobil

Tidak sanggup bayar cicilan mobil merupakan salah satu permasalahan yang mungkin dialami banyak orang yang kredit mobil. Berikut ini merupakan beberapa solusi tepat yang bisa Anda lakukan ketika sudah tidak sanggup membayar kredit mobil, yaitu:

1. Refinancing Kredit

Apakah Anda pernah mendengar istilah refinancing kredit? Pasalnya hal ini merupakan cara tepat untuk Anda yang tidak sanggup bayar cicilan mobil. Refinancing kredit sendiri merupakan pengajuan kredit baru dengan memperhitungkan kembali kredit untuk menggantikan kredit lama.

Sekilas cara ini hampir sama dengan gali lubang tutup lubang. Meskipun tidak mudah, namun cara ini dapat mengatasi permasalahan cicilan mobil, karena bunga kredit yang baru bisa saja lebih rendah. Setiap pilihan pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, termasuk dalam memilih refinancing kredit.

Keunggulan refinancing kredit:

  • Bisa mendapatkan kredit baru dengan jumlah nominal angsuran yang lebih rendah.
  • Bunga yang ditawarkan bisa lebih rendah.
  • Menghindari risiko masuknya daftar hitam Bank Indonesia lantaran tidak bisa bayar.

Kelemahan refinancing kredit:

  • Selain ada kesempatan untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah, mengajukan kredit baru juga bisa membuat suku bunga jadi lebih tinggi dari sebelumnya.
  • Anda harus menyiapkan beberapa biaya tambahan, seperti biaya administrasi dan lainnya

Solusi sebelum mengambil keputusan ini, Anda bisa kembali memperhitungkan dengan melihat kondisi keuangan kedepannya. Pastikan Anda sudah memperhitungkan penawaran refinancing baru dari bank dan risiko serta keuntungan yang Anda dapatkan.

Untuk mengajukan refinancing kredit mobil sendiri bukanlah hal yang sulit, apalagi jika Anda merupakan nasabah lama dari bank tersebut, pasti akan dilayani dengan baik dan dipermudah. Pendataan serta proses verifikasi pun tidak dilakukan dari awal lagi.

Meski begitu, pihak bank atau leasing pasti mempunyai kebijakannya masing-masing. Namun secara umum, Anda bisa mengikuti persyaratannya dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan.

2. Restrukturisasi Kredit

Solusi ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil selanjutnya yaitu dengan menggunakan sistem restrukturisasi kredit. Restrukturisasi kredit sendiri merupakan sistem yang menyusun kembali mekanisme kredit yang sudah diajukan oleh konsumen maupun debitur. Adapun beberapa hal yang bisa diubah atau disusun kembali mekanismenya yaitu jangka waktu kredit, suku bunga dan fasilitas kredit.

Anda bisa mengajukan restrukturisasi kredit kepada kreditur atau pemberi kredit mobil untuk meminta perpanjangan waktu pembayaran, penurunan suku bunga, maupun pengurangan tunggakan. Tentunya hal ini juga menjadi keputusan bersama dan kewenangan bagi pemberi kredit.

Hal ini juga sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia Nomor 14/15/PBI/2012. Di mana Anda dapat melakukan restrukturisasi kredit apabila:

  • Mempunyai itikad baik serta kooperatif selama melakukan peminjaman.
  • Merasakan kesulitan dalam melakukan pembayaran kewajiban pokok maupun terhadap bunga kredit.
  • Mempunyai prospek usaha yang berpeluang baik serta bisa diproyeksikan untuk memenuhi kewajiban setelah mengajukan kredit restrukturisasi atau dapat melunasi kredit.

Agar pengajuan restrukturisasi kredit bisa diterima dan menjadi solusi tepat bagi Anda yang tidak sanggup bayar cicilan mobil, maka Anda harus menjelaskan secara rinci dan terang benderang mengenai kondisi keuangan dan kesulitan yang Anda hadapi. Dengan begitu, pihak bank dapat menanganinya dengan maksimal.

3. Oper Kredit

Solusi bagi Anda yang tidak sanggup bayar cicilan mobil selanjutnya yaitu dengan melakukan oper kredit. Cara kerja oper kredit yaitu Anda dapat menjual mobil yang masih dalam kredit atau belum selesai angsurannya kepada orang lain. Nantinya orang lain tersebut akan meneruskan pembayaran cicilan mobil Anda

Saat menjual mobil untuk melakukan oper kredit orang lain, maka harga jualnya tidak sama dengan harga pasaran, melainkan jauh di bawahnya. Meski begitu, cara ini tidak terlalu merugikan Anda, karena kewajiban melunasi mobil tersebut bukan lagi menjadi tanggung jawab Anda, sehingga Anda tidak perlu memusingkannya lagi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan dana segar dari penjualan mobil tersebut.

Itulah 3 solusi tepat bagi Anda yang tidak sanggup bayar cicilan mobil yang bisa Anda pilih. Sangat mudah bukan? Anda bisa memperhitungkan kira-kira cara mana yang cocok dengan kondisi Anda saat ini. Solusi tersebut juga membuat Anda tidak merasa rugi lebih besar.

Jika Anda mengalami kesulitan cicil bayar dan ingin mengajukan refinancing kredit mobil, Anda bisa melakukannya dengan mudah di Maybank Finance yang sudah terpercaya dan aman karena terdaftar di OJK. Maybank Finance akan membantu Anda sepenuh hati untuk mengatasi permasalahan kesulitan bayar kredit mobil.

Maybank Finance atau PT Bank Maybank Indonesia merupakan salah satu bank swasta besar dan terkemuka yang ada di Indonesia. Maybank Finance merupakan bagian dari group Maybank yang juga menjadi penyedia layanan keuangan terbesar di ASEAN. Ada serangkaian produk serta jasa komprehensif untuk nasabah dan korporasi dari Maybank Indonesia.

Referensi:

  • https://cintamobil.com/jual-beli/sudah-tidak-sanggup-bayar-kredit-mobil-ini-solusinya-aid11336
  • https://benefits.bankmandiri.co.id/article/solusi-efektif-untuk-kamu-yang-gak-bisa-bayar-cicilan-mobil
  • https://maybankfinance.co.id/artikel/refinancing-kredit-mobil/

Tinggalkan komentar